Cari artikel

Sunday, August 30, 2015

Gigi Tiruan Implan

GIGI TIRUAN IMPLAN

Setiap orang pasti mendambakan gigi yang sehat kuat serta teratur rapi di dalam mulut, karena gigi selain berperan dalam fungsi mengunyah makanan juga sangat menentukan estetika dari wajah seseorang.
Kehilangan satu atau beberapa gigi oleh berbagai sebab akan menyebabkan beberapa efek buruk bagi seseorang seperti : 1. Terganggunya fungsi pengunyahan sehingga kerja lambung akan semakin berat karena makanan tidak dapat hancur karena hilangnya gigi. 2. Estetik wajah berkurang seperti pipi kempot, rahang bawah maju ke depan. 3. Gigi gigi sebelah bergeser atau berputar. 4. Gigi lawan akan memanjang (modot). 5.  Terbentuknya karang gigi karena sisi yang tidak bergigi sangat jarang dipakai mengunyah. 6. Gangguan fungsi bicara. 7. Rasa sakit pada gigi sebelah yang hilang karena beban pengunyahan yang besar. 8. Rasa sakit pada sendi rahang
Untuk mengoreksi semua efek buruk akibat tanggalnya gigi dapat dilakukan dengan pemasangan gigi tiruan. Berbagai macam dan jenis gigi tiruan dapat dipasang disesuaikan dengan keadaan fisik pasien serta kemampuan finansial dari pasien. Paling umum digunakan adalah gigi tiruan lepasan. Setiap hari pasien harus melepas dan memasang kembali gigi tiruan untuk dibersihkan. Diperlukan ketelatenan bagi pengguna gigi tiruan lepasan ini, juga kadang kadang menimbulkan rasa tidak nyaman karena terdapat plat yang cukup lebar pada gigi tiruan tersebut. Yang kedua adalah gigi tiruan cekat, gigi tiruan ini memerlukan pengasahan/pengurangan gigi gigi di sebelah gigi yang hilang sebagai pegangan. Gigi tiruan ini akan melekat kuat dengan sementasi pada gigi asli, hanya terkadang masih ada rasa ngilu akibat pengasahan gigi pegangan. Teknologi terkini yang dapat diterapkan sebagai pengganti gigi yang hilang adalah dengan gigi tiruan implan. implan gigi ini mempunyai struktur yang menyerupai gigi asli yaitu akar gigi dan mahkota.
 Keuntungan memakai gigi tiruan implan adalah 1. Kuat, karena ada struktur logam yang ditanam dalam tulang rahang. 2. Estetik yang baik. 3. Tidak memerlukan pengasahan gigi sehat sebagai pegangan. 4. Nyaman dipakai karena tidak perlu melepas. 5. Dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang rahang.
Implan gigi terdiri dari 1. Badan implan atau fixture yang tetanam dalam tulang rahang, terbuat dari bahan nickel titaanium yang sangat biokompatibel terhadap tubuh manusia. 2. Mahkota gigi atau crown yang tampak di dalam rongga mulut.
Badan implan berfungsi seperti gigi asli yaitu sebagai fondasi gigi dan meneruskan beban pengunyahan kepada tulang rahang, sedangkan mahkota bermanfaat sebagai alat pengunyahan dan fungsi estetik.
Pemasangan gigi tiruan implan adalah dengan prosedur operasi kecil yang sederhana. Bila dilakukan oleh dokter gigi yang berkompeten hanya diperlukan waktu sekitar 15 – 20 menit. Kondisi kesehatan pasien harus terkontrol, tidak merokok selama 3 bulan setelah pemasangan implan, tidak dianjurkan untuk anak anak (berusia diatas 17 tahun). Setelah pemasangan implan gigi, harus tetap kontrol ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi, karena karang gigi yang banyak merupakan faktor yang dapat menyebabkan kegagalan implan gigi.
Implan gigi dapat bertahan 5 tahun atau bahkan lebih di dalam rongga mulut. Kegagalan implan biasanya diawali dengan kegoyahan. Bila terjadi kegoyahan dan dengan ronsen foto terlihat ada infeksi atau radang, implan dilepas dan diganti dengan implan dengan diameter yang lebih besar.
Seseorang yang sudah lama kehilangan gigi, tulang rahang secara normal akan mengalami penyusutan karena terkena langsung pengunyahan makanan. Pada keadaan ini seorang dokter gigi akan melakukan prosedur bone grafting atau pencangkokan tulang sebelum melakukan pemasangan implan gigi.
Gigi implan dianggap berhasil bila dapat bertahan minimal 5 tahun, tidak terdapat kegoyahan lebih dari 1 mm dari segala arah, tidak menimbulkan rasa sakit, tidak terjadi infeksi disekitar gigi implan.
Anda tertarik mengganti gigi tiruan atau gigi yang sudah hilang dengan implan gigi? Silakan berkonsultasi dengan dokter gigi keluarga anda.

Gigi geraham yang hilang


Body implan yang akan ditanam 


Body implan yang sudah tertanam dalam tulang rahang


Mahkota gigi yang sudah terpasang di atas implan











1 comment:

  1. SELAMAT SIANG PAK/IBU TOLONG KASIH ALAMATNYA DULU, MINAT SEKALI

    ReplyDelete